Tips Membersihkan Telinga Dengan Benar

Tips Membersihkan Telinga Dengan Benar
Tips Membersihkan Telinga Dengan Benar. Telinga adalah bagian tubuh terluar yang juga memiliki tingkat kerawanan jika perawatannya tidak benar. Karena telinga merupakan salah satu panca indera sebagai alat pendengaran manusia. Jika telinga ini tidak berfungsi maka tubuh kita otomatis akan terganggu. Untuk menghindari terjadinya infeksi maka ada kalanya membersihkan telinga dengan memperhatikan tata cara yang benar.

Pada dasarnya menurut dokter THT telinga memiliki anugrah yang mampu membersihkan kotorannya sendiri. Tapi kebanyakan orang mengira kalau telinga gatal itu berarti kotoran sudah menumpuk. Jika anda mendapati kotoran telingan yang kuning itu sebenarnya bukan semata-mata kotoran, melainkan serumen yakni zat pelapis bagi telinga untuk menghindarkan debu yang masuk. Karena pampilannya kental dan lengket dan bisa membuat debu yang masuk ke telinga menempel, maka kebanyakan orang mengiranya itulah kotoran dari telinga. Jadi meski telinga bisa membersihkan kotorannya sendiri, tapi jika anda ingin membersihkannya perhatikan tata cara membersihkan telinga dengan benar ini.


Membersihkan Telinga

Bersihkan Bagian Luarnya Saja
Bagian terlinga terdiri dari bagian luar dan bagian dalam. Bagian luar adalah daun telinga dan bagian dalam termasuk didalmnya ada gendang telinga. Fungsinya gendang telinga untuk mendengar, jadi untuk menghindari terjadinya infeksi pada gendang telinga bersihkan saja telinga anda di bagian terluar yakni di daun telinga. Proses pembersihannya bisa menggunakan air saat anda mandi dan digosok perlahan mengginakan handuk sampai kering, atau dengan menggunakan tisu atau kain lembut yang dibasahi air atau minyak baby. 

Jangan Mengorek Telinga Terlalu Dalam
Alat yang biasa digunakan untuk membersihkan telinga adalah cutton bud. Ini dipilih banyak orang untuk membersihkan bagian dalam telinga. Tapi hal tersebut biasanya malah akan berdampak buruk bagi telinga anda karena adanya infeksi disebabkan bahan cutton bud terlalu kasar sampai mengorek ke bagian terdalam telinga. Cirinya anda sudah mengorek terlalu dalam itu biasanya telinga anda berdengung dan anda batuk-batuk. Jika sudah seperti itu hentikan membersihkan telinga. Ditambah lagi jika anda mengorek telinga dengan cara diputar-putar. Itu juga tidak baik karena akan mengurangi kenormalan gendang telinga untuk membersihkan telinga sendiri, dan dapat juga merobek gendang telinga karena asik memutar-mutar cutton bud di bagian dalam telinga.

Tidak Terlalu Sering Membersihkan Telinga
Kebersihan adalah hal yang utama agar tampil cantik dan sehat. Tapi berbeda dengan telinga jika dibersihkan setiap hari malah akan membuat serumen atau lapisan minyak dalam telinga hilang. Padahal fungsi serumen dalam telinga bisa melindungi telingan dari debu dan kotoran. Jadi kalau serumen tidak ada alias menghilang maka debu dan kotoran akan gampang masuk ke telinga kita. Malah akan berakibat berbahaya pada telinga. 

Penggunaan Minyak Kelapa
Perawatan telinga juga bisa dilakukan oleh tim medis, khususnya dokter THT. Namun jika anda ingin membersihkan telinga sendiri maka perhatikan cara-cara yang benar dan aman bagi kuping. Seperti tidak menggunakan benda keras untuk membersihkan telinga. Penggunaan minyak kepala atau baby oil sangat tianjurkan. Karena minyak dapat memberikan kelembutan saat anda mengorek telinga dan memudahkan anda mengambil kotoran telinga. Bisa dilakukan perawatan telinga setiap satu minggu sekali.

Demikian tips membersihkan telinga dengan benar. Jauhi juga kelingking anda agar tidak terlalu sering mengorek telinga, apalagi jika jari kelingking anda memiliki kuku yang panjang. Ini bukannya malah membersihkan kotoran telinga  tapi juga malah akan membuatnya infeksi yang lama kelamaan akan mengakibatkan ketulian. Untuk solisu terbaik membersihkan telinga anda yakni dengan pergi ke dokter THT minimal 6 bulan sekali, agar telinga tetap berada pada kondisi yang sehat dan bersih. Baca juga Tips memanjangkan bulu mata

Berlangganan untuk email update gratis: