Ini Ciri-Ciri Kulit Sehat

Ini Ciri-Ciri Kulit Sehat
Ini Ciri-Ciri Kulit Sehat. Pernah bingung dengan masalah kulit seperti adanya gatal-gatal, atau kulit menjadi gelap, belang dan tidak rata. Maka kondisi kulit anda sedang mengalami kerusakan. Ini tidak bisa dibiarkan, atau bahkan disepelekan. Karena kulit adalah organ bagian tubuh yang dapat dilihat oleh orang lain. Maka jika terjadi masalah-masalah kulit yang dipaparkan ditas bisa memberikan efek tidak percaya diri saat bertemu teman. Lalu bagaimana ciri-ciri kulit yang sehat itu, simak penjelasannya.  


Ciri-ciri Kulit Sehat

Tidak Pucat
Menjadi kulit yang sehat bukan berari harus putih saja. Kategoi kulit putih yang sehat adalah yang bersih dan bercahaya, tidak pucat. Kulit pucat biasanya menimbulkan darah yang tidak mengalir dengan lancar. Dan logikanya kalau darah tidak mengalir dengan lancar berarti ada organ tubuh lainnya yang bermasalah. Dan ini adalah kondisi bahwa kulit dan tubuh anda tidak dalam keadaan yang prima.

Kenyal
Kulit manusia memang istimewa, tidak kaku seperti sebagian jenis hewan. Kekenyalan dan kelembapan kulit mencirikan kulit dan teksturnya dalam keadaan sehat. Penilaian kulit kenyal bisa dilakukan dengan cara mencubit kulit anda. Jika kembali pada posisi semula berarti anda masih memiliki kekenyalan dalam kulit anda dan kategori ini masih sehat. Jika tiak kembali seperti semula atau kembali tapi sedikit kendur, maka kulit anda sudah mengalami penuaan dan tidak sehat lagi. 

Cerah Tapi Tidak Terlalu Cerah
Kulit cerah bisa didapat dengan rajin membersihkan kulit. Kulit ceraj bisa dibuktikan engan wrna kulit yang putih, namun standar anda memiliki kulit yang putih tidak akan melebihi putihnya bagian paha anda. Jika putihnya sudah melebihi strandar itu, atau warnanya terlalu cerah ini bisa mengidentifikasikan kulit anda dalam keadaan tidk normal atau tidak sehat. Contoh kasusnya saat anda kedinginan kulit akan memutih dan kala-kelamaan akan membiru, rasa kedinginan itu artinya tubuh sedang tidak sehat. Atau contoh kasus yang lainnya saat anda memakai pemutih yang disuntikkan pada badan anda. cairan suntikan ini memang bisa membuat anda putih, tapi cairan ini jika dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan masalah lain dalam tubuh anda, yang akhirnya bisa mengamcam nyawa. Seperti pada kasus raja pop dunia Michael Jackson, karena terlalu ingin putih, beliau mengonsumsi obat dan akhirnya over dosis.  

Kulit Lembut dan Tidak Kasar
Pernah merasakan kulit bersisik? Berarti kulit anda sedang tidak sehat. Kurangnya kelembapan dan kelembutan pada kulit berarti kulit perlu membutuhkan nutrisi sebagai pelembap. Bisa gunakan body lotion secara teratur untuk menghindari kulit kasar dan bersisik. Untuk bahan alami yang bisa melembabpkan adalah aloe vera atau lidah buaya yang memiliki zat aktif untuk meregenerasi sel kulit mati.   

Bekas Noda
Jika anda pernh terluka sehingga luka tersebut meninggalkan noda pada bagian kulit berari kulit anda sedang tidak sehat. Kulit yang sehat adalah kulit yang bersih tanpa bekas noda atau flek hitam akibat luka atau jerawat. Jika noda bekas luka ini tidak kunjung hilang maka akan juga mengurangi kepercayaan diri dan kesehatan pada kulit.

Kulit Tanpa Keluhan
Sejatinya sehat adalah tanpa masalah dan keluhan yang dirasakan pada kulit tubuh atau organ yang lainnya. Jika kita mengalami gatal-gatal, jerawat pada kulit wajah, atau pun terkena luka berarti kulit anda tidak sehat. Cara menghindarinya jangan makan atau konsumsi makanan yang memicu gatal atau jerawat, dan selalu jaga kebersihan kulit dengan mandi atau mencuci muda menggunakan sabun.

Demikian ini ciri-ciri kulit yang sehat. Jika ingin mendapatkan ciri-ciri kulit yang sudah disebutkan diatas yang perlu dilakukan adalah tetap menjaga kebersihan dan perbanyak minum air putih. Karena tidak hanya organ tubuh dalam saja yang memerlukan kandungan air, ternyata kulit juga membutuhkan mineral dalam menyegarkan permukaan kulit dan merenerasinya. Baca juga Manfaat masker wortel.

Berlangganan untuk email update gratis: