Penyebab Badan sering Terasa Panas

Penyebab Badan sering Terasa Panas
Penyebab Badan sering Terasa Panas. Sebelum membahas lebih jauh tentang panas yang dialami oleh tubuh yang sering datang secara tiba-tiba, kita akan memberikan informasi terlebih dahulu tentang panas itu sendiri. Secara ilmiah panas tersebut adalah salah satu respon dari tubuh dalam melawan infeksi yang datang dan masuk ke dalam tubuh. Secara hormonal tubuh biasanya mempertahankan suhu yang ada di dalam berbagai macam cuaca seperti panas maupun dingin lewat berkeringat, bernafas, menggigil, gemetar atau peralihan darah antara kulit ke organ dalam. Dan suhu yang tertinggi akan menimbulkan rasa panas dari tubuh. 

Dalam tubuh manusia, suhu telah diatur oleh sistem yang bernama thermostat otak yang menopang suhu tubuh yang konstan antara 36.5C. Suhu yang dalam keadaan normal akan berganti-ganti setiap hari tergantung apa kegiatan kita, seperti ketika tidur suhu tubuh akan lebih rendah dari kegiatan yang lain. Dan jika terjadi panas atau demam biasanya diikuti oleh beberapa bagian tubuh lain yang menggigil atau merasakan sakit atau rasa yang tidak nyaman. Kini, marilah kita kenali lebih jauh apa penyebab badan sering terasa panas tersebut.


Penyebab Badan Panas

Kenali Tingkatan Panas
Secara suhu, tingkatan panas memiliki perbedaan seperti:
  • Heat cramps atau otot yang kejang akibat keluarnya keringat yang berlebihan karena cuaca panas dan menghilangkan cairan dalam tubuh dan kandungan garam (natrium, kalium, magnesium) yang diakibatkan oleh keringat yang keluar secara berlebihan karena cuaca atau aktifitas berat.
  • Heat Exhaustion
    Heat Exhaustion adalah keadaan dimana tubuh kehilangan banyak cairan akibat serangan sinar matahari berjam-jam dan tubuh merasakan kelelahan yang amat besar karena panas dan rasa lelah tersebut diakibatkan karena cairan yang keluar dari dalam tubuh melalu keringat yang berlebih dan akan menyebabkan tekanan darah rendah bahkan akan pingsan.
  • Heatstroke
    Untuk gejala heatsroke ini haraplah berhati-hati karena akibat dari panas dapat berakibat fatal jika terserang paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang sangat lama dan keringat sudah tidak dapat keluar karena turunnya suhu pada tubuh.

Dehidrasi (Kehilangan Cairan Tubuh)
Karena sebagian besar kandungan dalam tubuh adalah air dan seluruh organ tubuh membutuhkan air untuk melancarkan kinerjanya. Dan secara otomatis jika tubuh kehilangan cairannya akan mengalami dehidrasi dan menyebabkan panas yang timbul dari dalam tubuh. 

Olahraga yang Berat atau Lama 
Disaat tubuh mengalami pergerakan yang berlebihan dan dalam waktu yang cukup lama, maka tubuh akan bereaksi dengan menimbulkan rasa panas karena organ tubuh merasakan lelah karena aktifitas yang berat dan waktu yang lama.

Pakaian yang Tidak Nyaman
Pakaian yang tidak menyerap keringat atau memakainya dengan berlapis-lapis akan membuat tubuh merasa pengap dan mengeluarkan keringat yang tak wajar atau berlebihan yang disebabkan oleh pakaian yang bertumpuk-tumpuk. 

Pemakaian Alkohol 
Alkohol memang menjadi salah satu minuman yang sangat tidak dianjurkan untuk kesehatan karena bahan cairan tersebut melampaui batas normal yang dapat membuat seseorang yang meminumnya akan terganggu dan secara perlahan kesehatan akan menurun termasuk gejala panas yang diitmbulkan sebagai reaksi penolakan dari dalam tubuh.

Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah 
Kedua penyakit tersebut menjadi bagian yang sangat fital dalam kesehatan jasmani anda. Karena jantung menjadi bagian pokok dari kehidupan dengan detakan yang tak henti dan pembuluh darah yang selalu bekerja dalam mengalirkan darah ke organ dalam tubuh. Dan jika anda mengalami kelaianan di kedua bagian tersebut dan mengakibatkan rasa panas dari dalam tubuh maka segeralah mengecek kesehatan anda.

Itulah beberapa penyebab badan sering terasa panas yang dapat menjadi acuan yang harus anda ketahui agar gejala panas tersebut akan ditangani sedini mungkin dan jika anda selalu merasakannya tanpa ada jeda, ada baiknya anda memeriksakan keadaan tersebut ke dokter. Baca juga Ciri-ciri kulit sehat.

Berlangganan untuk email update gratis: