Penyebab Gigi Berwarna Kuning

Penyebab Gigi Berwarna Kuning
Penyebab Gigi Berwarna Kuning. Zaman sekarang banyak faktor untuk bisa tampil cantik. Salah satunya adalah faktor gigi yang diharuskan memiliki warna gigi yang putih. Sehingga bermunculanlah perawatan gigi yang bisa membuatnya putih, bahkan tidak hanya perawatan, produk-produk odol pun mengiklankan produknya dengan khasiat membuat gigi putih. Tapi permasalahan yang anda alami sudah banyak produk pemutih gigi yang dipakai tapi gigi masih saja kuning. Maka dari itu dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai penyebab bahwa gigi anda berwarna kuning, yang diantaranya sebagai berikut.


Penyebab Gigi Kuning

Kebersihan Gigi
Buruknya kebersihan pada gigi anda menjadi faktor utama dalam membentuk warna gigi anda yang semakin kuning. Karena kebersihannya tidak terjaga maka tidak hanya warna gigi saja yang berubah, tapi juga timbul masalah lain pada gigi, termasuk juga semua bagian mulut anda.

Pemakaian Pemutih Gigi
Perawatan memutihkan gigi nyata juga akan membuat kuning gigi anda, karena ada zat pemutih yang mengandung kimia berlebih yang akhirnya akan mengerosi gigi, sehingga gigi mudah rapuh dan kuning. Apalagi pemutih gigi sifatnya tidak permanen, harus dilakukan terus menerus jika ingin tampak putih setiap saat, ini sama saja seperti buang-buang duit dan sia-sia, serta merugikan gigi yang semakin lama akan hilang kekuatan giginya. 

Minuman Berenergi
Minuman yang biasanya dimunim kala anda berolahraga untuk menghasilakn energi lebih, nyatanya berdampak buruk pada gigi anda. Karena terdapat kandungan gula dan asam dalam minuman berenergi yang membuat gigi anda menjadi kuning. Sehingga jika dikonsumsi terlalu sering akan cenderung terjadi pengeroposan. Sebaiknya minum saja air mineral dari air putih akan lebih bermanfaat untuk seluruh organ dalam tubuh anda. 

Konsumsi Teh Herbal
Sama halnya dengan minuman berenergi, teh herbal yang biasa dikonsumsi untuk para pelaku diet ternyata memiliki kandungan asam yang dapat membuat kuning pada gigi. Maka dari itu, bagi anda pecinta teh herbal, coba alihkan kegemaran minum teh herbal diganti dengan teh hijau. Karena teh hijau lebih bisa mencegah kuning pada gigi.

Merokok
Ada zat nikotin dalam rokok yang menimbulkan efek kuning pada gigi. Nikotin-nikotin ini tidak bisa dengan mudah lepas dari gigi meski anda menyikat gigi. Perlu adanya perawatan ekstra dengan pergi ke dokter gigi, untuk mengurangi plak dan kuning di gigi yang terjadi akibat nikotin dalam rokok.  

Menyikat Gigi setelah Makan Manis
Dalam gigi ada cara perlindungannya sendiri untuk menjaga agar gigi tidak rusak. Kemampuan itu didapat dari proses pengunyahan dalam mulut yang cenderung bersifat asam, yang akhirnya gigi mengelurkan enamel untuk melindungi gigi. Jadi jika anda menyikat gigi setelah habis makan, apa lagi makan yang manis manis, maka enamel dalam gigi belum terbentuk sempurna dan bisa jadi terlepas saat anda menyikat gigi. Bukannya melindungi gigi, tapi kuman bebas berkeliaran di gigi. Sehingga sebaiknya beri waktu 1 jam setelah makan baru kemudian sikat gigi anda.

Penyebab gigi anda berwarna kuning sebenarnya masih banyak, seperti faktor genetik yang dari awal anda lahir gigi anda sudah kuning, atau juga penuaan yang memberikan faktor kuning dalam gigi. Namun yang terpenting dari penjelasan penyebab gigi kuning diatas yang salah satunya pun pemutih gigi, ini membuktikan bahwa pemutih gigi pun belum tentu bisa membuat gigi anda putih maksimal. Karena sejatinya gigi anda tidak berwarna putih seperti kapas. Dan warna putih pada gigi juga bukan tolak ukur dalam gigi yang sehat. Yang terpenting bukanlah warna tapi kebersihannya. Dengan terus menjaga tidak makan makanan yang manis yang akan merusak gigi hingga berlubang. Serta rajin bersihkan gigi dan mulut setelah habis makan, agar terhindar dari penyakit mulut. Baca juga Tips membersihkan telinga dengan benar.

Berlangganan untuk email update gratis: