Penyebab Maag dan Cara Mengatasinya

Penyebab Maag dan Cara Mengatasinya
Penyebab Maag dan Cara Mengatasinya. Dalam istilah kedokteran penyakit maag disebut juga gastritis. Ini dikarenakan adanya kondisi asam lambung di dalam perut mengalami kenaikan. Gejala dari asam lambung yang naik adalah perut terasa nyeri sampai ke ulu hati, perih, mual dan ingin muntah, kembung di perut, terlalu sering sendawa, kepala menjadi pusing, wajah pucat, dan nafsu makan berkurang, dipaerparah lagi meski kita sedang sakit kemudian makan perut malah lebih berasa sakit.

Penyakit yang sering dialami olek banyak orang ini, penyebab maag utamanya adalah kurang makan. Bayangkan saja jika seharusnya lambung itu bekerja melumatkan makanan yang masuk, tapi jika kita tidak makan, maka cara kerja lambung yang tidak berfungsi. Lambung bisa saja akan bekerja tapi yang ia lumatkan adalah dinding lambung yang berakibat infeksi. Meski kita makan dan makanan ini diproses dengan lambung, tapi tidak bisa mengurangi sakit karena dinding lambung sudah terkena infeksi.

Dari pola makan yang salah karena sering menunda-nunda makan atau lebih parahnya lagi tidak makan seharian. Ada juga penyebab lain yang mampu memicu asam lambung naik. Pola hidup pun bisa menjadi pemicu, seperti anda tidak melalukan pola tidur yang cukup sehingga menimbulkan insomnia, karena tidak tidur dengan cukup maka timbul juga stres. Karena lelah kemudian tekanan emosi dalam tubuh juga ikut kambuh. Penyebab selanjutnya bisa krena terlalu banyak merokok dan minum-minuman beralkohol, ini disebabkan dalam kedua bahan tersebut ada kandungan asam yang berlebih sehingga kadar asam lambung juga ikut naik. Selain alkohol ada juga minuman yang harusnya dihindari bagi anda penderita maag, yakni minuman kopi, karena disinyalir kopi mamu membuat perut anda kembung yang meyakini bahwa dalam lambung anda pebuh dengan gas negatif dari kopi. Penyebab selanjutnya disebabnya bakteri yang bernama mikroorganisme yang mampu membuat dampak yang tidak baik bagi tubuh, mikroprganisme yang membuat maag anda kambuh adalah helicobacter pylori. Akibatnya ada zat yang keluar yang bisa merangsang terjadinya kenaikan dari produksi asam lambung.

Karena penyebab penyakit maag adalah pola makan yang salah, maka cara mengatasi agar penyakit anda berkurang atau menghilang dan tidak lagi terjadi kambuh adalah dengan perbaiki pola makan anda. Jangan pernah lagi menunda atau telat makan. Atau bisa juga melakukan diet yang salah. Ingin diet tapi tidak makan, seharusnya jika ingin melakukan diet tetap makan tapi kurangi porsinya, atau bisa juga dengan perbanyak makan, misalnya sehari bisa makan lebih dari 3 kali tapi dengan porsi yang sedikit. Ini dikarenakan secara langsung tubuh anda jika anda makan terlalu sering maka dalam tubuh akan terjadi metabolisme yang mengubah asupan makanan anda menjadi energi. 

Jika pola makan sudah dijaga yang perlu diperhatikan adalah ubah pola hidup. Jangan terlalu banyak mengonsumsi makan-makanan yang memicu asam lambung naik. Makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi juga mampu membuat lambung anda menjadi perih. Hidup anda harus diatur ke arah yang bisa menyehatkan. Jika anda mengalami insomnia coba lakukan olahraga ringan yang dapat membuat anda bergerak berlebih banyak yang akhirnya tubuh akan merasakan kecapean dan rasa kantuk dan lelah pun akan datang di malam hari. Hindari juga stres yang melanda, dengan lakukan refresing bagi pikiran anda.

Ingat perut adalah bagian yang paling sensitif tidak boleh terlalu sering terkontaminasi bakteri-bakteri jahat. Karena nantinya akan memberikan infekai pada lambung. Bagi anda yang memiliki keluahan penyakit maag yang akut ataupun kronis dan tidak bisa disebuhkan lagi, cepat beri penangan dengan mengunjungi dokter terdekat untuk pemberian obat yang dapat menurunkan asam lambung anda. Itulah tadi penjelasan dan penjabaran terkait penyebab maag dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Berlangganan untuk email update gratis: