Cara Mencegah Penyakit Asma

Cara Mencegah Penyakit Asma
Cara Mencegah Penyakit Asma. Seluruh gejala penyakit dalam level ringan hingga parah memang harus di cegah sedini mungkin, karena dalam proses penyembuhan membutuhkan banyak tenaga, fikiran dan biaya untuk mengatasinya. Jadi, benar tentang semboyan yang menyebutkan bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati. Itulah sebabnya kita harus berusaha dan konsisten pada upaya kita dalam mencegah berbagai macam penyakit di kehiupan kita.

Salah satu penyakit yang memang butuh pencegahan salah satunya adalah penyakit asma. Biasanya beberapa orang memilih untuk meminum obat pencegahan dan melakukan olah raga. Namu apakah cukup hanya dengan hal tersebut penyakit asma akan terhindar dari kehidupan anda? Inilah langkah-langkah yang perlu anda jalani untuk terhindar dan mencegah penyakit asma


Mencegah Penyakit Asma

Menjaga Kesehatan
  1. Dua hal yang berbeda dalam menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi obat asma. Bila seseorang memiliki kurang gizi dan lemah maka tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan serangan penyakit lebih mudah termasuk penyakit asma. 
  2. Seluruh penyakit membutuhkan makanan yang bernutrisi dan bergizi baik dalam mengimbanginya. Minum air putih sebanyak 2 liter dalam sehari dan istirahat yang cukup menjadi salah satu bagian dari menjaga kesehatan agar terhindar dari prnyakit asma. Olahraga pun menjadi rutinitas wajib yang patut anda agendakan agar penyakit lain tidak mengikuti anda seperti ginjal, jantung dan masih banyak lagi.
  3. Mencegah penyakit asma dengan memberikan asupan air putih yang banyak akan sangat bermanfaat karena berfungsi sebagai pengencer dahak pada saluran pernafasan dan dahak pun mudah keluar. Saat seseorang kekurangan cairan dalam tubuh dahak akan mengental dan pernafasan akan sulit. Saat kegiatan yang mengharuskan anda berkeringat, kekurangan cairan dalam tubuh menjadikan penguapan cairan akan berlebih dan saluran nafas cepat dan lebih dalam.

Menjaga Kebersihan Lingkungan
  1. Kebersihan pada lingkungan anda menjadi pemicu akan gejala penyakit asma. Dari area rumah usahakan bersih dari debu dan ventilasi udara yang masuk berjalan dengan baik begitu pula cahaya matahari. Usahakan keadaan rumah kering dan tidak lembab.
  2. Jika dalam tempat tidur yang biasa anda tempati berlama-lama diruangan tersebut maka minimaliskan barang-barang yang ada didalam kamar agar debu yang menempel tidak terhirup oleh tubuh.
  3. Beberapa gejala asma pun dapat dirasakan dari asap rokok, obat nyamuk, hair sprey, hewan peliharaan dan lingkungan pekerjaan yang memang kurang perhatian akan kebersihan dan sosialisasi etika ditempat umum seperti asap rokok yang merusak udara.

Menghindari Faktor Pencetus
  1. Alergen adalah salah satu gejala penyebab penyakit asma dari hewan peliharaan yang tidak terawat, debu dan virus masih menempel dan dapat terhirup dengan bebas oleh manusia. Selain beberapa binatang peliharaan yang memang banyak diminati seperti kucing, anjing, burung ternyata binatang yang sering ada dirumah anda seperti tikus dan kecoak dapat merasuki tubuh anda karena gejala penyakit asma akan datang dari mereka.
  2. Infeksi gejala penyakit asma biasanya menjalar dari bagian pernafasan. Jadi, diharapkan untuk menghindari orang-orang yang sedang sakit pernafasan seperti flu dan batuk. Selain itu hindari tempat yang berkerumunan banyak orang yang membuat sesak.
  3. Hindari rasa lelah dan capek yang berlebihan. Kehujanan dan pergantian musim pun harus dengan baik dihindarkan gejala nya. Latihan olahraga yang ringat bukan olah raga yang memberatkan tubuh anda yang malah dapat membuat tubuh anda kelelahan dan sesak.
Beberapa cara pencegahan penyakit asma diatas dapat dimulai dari sekarang dan sesegera mungkin agar tidak terjadi gejala penyakit yang sudah menempel ditubuh dan sulit untuk dihindarkan. Kesehatan jasmani, lingkungan dak kebiasaan akan menjadi faktor utama anda dapat terhindar dari penyakit pernafasan tersebut.  Baca juga Manfaat lari pagi.

Berlangganan untuk email update gratis: