Penyebab Ada Darah saat Sikat Gigi

Penyebab Ada Darah saat Sikat Gigi
Penyebab Ada Darah saat Sikat Gigi. Saat menggosok gigi anda, apakah pernah menemukan darah segar yang keluar dari bagian gigi? Tentunya sebagian besar orang pernah merasakan hal tersebut. Pada dasarnya, gigi manusia memiliki susunan struktur yang berlapis-lapis. Berawal dari dasar seperti email gigi, tulang gigi dan bagian pulpa yang terdiri dari pembuluh darah dan syaraf. Jika darah keluar dari lapisan gigi, kemungkinan besar berasal dari bagian pulpa karena memang letaknya ada di bagian dalam gigi. Dan darah yang keluar disebabkan karena celah diantara struktur gigi atau lubang gigi.

Jika sakit yang dirasakan bagian gigi sangat parah, padahal secara fisik, lubang pada gigi hanya berkisar sebesar jarum. Namun rasa sakit tersebut akan merubah seluruh proses dari makan, berbicaa, mengunyah, hingga membuat penderitanya menjadi sangat emosional. Dan pada saat terjadi radang dalam gigi aliran darah akan bergerak menuju pusat radang yang menyebabkan permeabilitas pembuluh darah mikro pada bagian pula akan meningkat dan bakteri yang mengumpul akan lebih memperparah keadaan hingga merobek pembuluh darah.  Lalu apa sajakan penyebab ada darah saat sikat gigi? Simak penjelasannya dibawah ini. 


Penyebab Gigi Berdarah

Kesalahan Saat Menyikat Gigi
Proses menyikat gigi sudah diajarkan dari anak usia dini yang secara proses menyikat seluruh bagian dari lapisan gigi dengan gerakan dari arah dalam keluar, atas kebawah. Proses tersebut bermaksud untuk menyapu seluruh bakteri dan kuman hingga gigi bersih. Jika proses tersebut salah, maka bakteri yang harusnya keluar akan masuk lebih dalam kedalam lubang. Jika mengendap terlalu lama, bakteri tersebut akan terbentuk menjadi plak. Dan karena sikat gigi dilakukan setiap hari minimal 2 kali dalam sehari, dianjurkan untuk memilih sikat yang lembut agar proses menyikat gigi benar dan tidak membentur atau menggores lapisan gigi yang menimbulkan cairan darah keluar.

Mikroorganisme
Saat mulut mengeluarkan bau yang tidak sedap maka dapat anda curigai adanya kumpulan mikroorrganisme berupa banyaknya bakteri berbahaya yang bersarang diantara sela gigi. Bakteri tersebut akan mengeluiarkan racun dan menjalar dengan cepat ke bagian mulut dan menjadikan peradangan.

Pasta Gigi
Perkembangan produk pasta gigi yang berfariasi, akan menjadikan persaingan yang belum tentu sehat. Salah satu sebab akan munculnya darah pada gigi pun dapat disebabkan karena pasta gigi yang mengandung sodium bikarbonat karena zat tersebut mampu mengangkat plak hingga ke baris akar.

Trauma Gigi
Jika anda merasakan hal yang aneh karena rutinitas sikat gigi sudah dilakukan dengan baik namun gigi masih berdarah saat di sikat, maka anda harus memperhatikan adanya trauma pada gigi. Trauma disini terjadi karena adanya luka pada gigi yang menjadikannya rapuh dan pembuluh darah pada lapisan gigi robek. 

Perawatan Gigi
Perawatan dan asesoris gigi yang tertancam lama dibagian gigi akan menyebabkan gigi atau gusi berdarah. Sebagai salah satu contoh yaitu perawatan gigi dengan menggunakan kawat behel. Jika sering terjadi pendarahan saat sikat gigi secara terus menerus, segeralah cek perawatan gigi anda dengan para ahli.

Jangan panik terlebih dahulu jika ada darah saat sikat gigi. Beberapa faktor ringan diatas menjadi acuan bagaimana kita diharuskan menjaga kesehatan dan perawatan gigi agar tidak menyebabkan hal yang tentunya tidak diinginkan. Namun, jika darah yang keluar dalam jumlah yang banyak dan menyebabkan nyeri. Segeralah periksa kesehatan gigi dan gusi anda. Baca juga Ciri-ciri remaja sedang hamil.

Berlangganan untuk email update gratis: