Penyebab Kenapa sering Sakit Perut

Penyebab Kenapa sering Sakit Perut
Penyebab Kenapa sering Sakit Perut. Secara alami memang setiap orang dari kecil hingga tua pasti pernah merasakan rasa sakit atau nyeri dibagian perut. Sebagian besar, sakit perut tidak menyebabkan penyakit yang serius. Tapi tidak menutup kemungkinan akan terjadinya beberapa gejala penyakit yang berbahaya dan mengancam kesehatan anda. Sebaiknya kenali apa penyebabnya agar terdeteksi secara dini, jika mengetahui lebih awal apa penyebabnya  maka penanganan yang tepat akan segera mengatasi rasa sakit tersebut. 

Rasa sakit diperut memang akan secara perlahan menjalar ke berbagai organ lain seperti lambung, ulu hati hingga ke sakit kepala. Biasanya sakit perut yang dirasakan pada bagian abdomen yang mengacu pada kram diperut. Kondisi seperti itu dapat berlangsung hanya sementara dan tidak akan membahayakan kesehatan. Namun, jika sakit perut berada di salah satu titik tertentu yang harus diwaspadai akan terjadinya gejala penyakit yang membahayakan. Berikut kami berikan informasi beberapa gejala sakit perut yang sering terjadi.


Penyebab Sakit Perut

Sakit Perut yang Disertai Diare
Walaupun tergolong penyakit ringan, diare akan menyebabkan beberapa gejala yang tidak nyaman seperti rasa sakit dibagian pencernaan, perut terasa sakit dan kram yang disebabkan gastroenteritis (peradangan dalam perut dan usus karena infeksi virus atau bakteri). Biasanya orang yang menderita hal tersebut mengalami sakit perut disertai diare dan muntah-muntah. Penyebab utama dari rasa sakit tersebut karena keracunan makanan yang dikonsumsi.

Kram Perut Karena Masuk Angin
Gejala masuk angin biasanya ada beberapa tahap, yaitu sendawa, perut terasa kembung, perut terasa begah dan penuh dan menyebabkan sakit di perut. Angin sendiri adalah hasil proses pencernaan makanan dan minuman di dalam tubuh. Waspadai beberapa makanan ini agar masuk angin menjauh dari tubuh anda. Bawang bombay, brokoli, kol dan soda. Selain itu, makanan yang berserat tinggi pun ikuit andil dalam proses kram perut karena masuk angin.

Radang Usus Buntu
Usus buntu ialah sebuah kantung yang menyerupai jari dan terhubung dengan usus besar, radang pada kantung tersebut akan menyebabkan rasa sakit perut dibagian kanan bawah perut. Jika sudah sering terjadi gejala di posisi ini, cek segera karena usus buntu harus segera di angkat.

Batu Ginjal 
Bukan berarti batu disini berwana hitam pekat yang diumpamakan sebagai batu kerikil. Batu ginjal berbentuk putih kecil seperti kristal yang terjadi akibat mineral di dalam urin. Jika masih berukuran kecil, biasanya batu ginjal dapat diatasi dengan urin atau buang air kecil. Namun, jika sudah berukuran besar akan menghambat saluran kandung kemih dan biasanya diangkat dengan cara operasi. Selain rasa sakit perut disini terjadi diperut bagian bawah dekat dengan proses saluran buang air kecil.

Tukak Peptik
Tukak ialah terjadinya  luka pada dinding perut juga usus halus. Secara terbentuk karena adanya erosi lapisan yang ada di dinding yang terkikis secara perlahan. Dan secara jangka waktu yang lama akan menyebabkan pendarahan yang akhirnya seluruh lapisan dinding dimana tukak akan terkikis dan membenruk lubang pada saluran pencernaan di tubuh yang menyebabkan rasa sakit yang sangat besar.

Divertikulitis
Untuk yang satu ini adalah sebuah peradangan dalam divertikulum atau kantong-kantong kecil pada dinding usus besar. Gejala tersebut menyebabkan sakit perut, rasa kembung, diare disertai mual, dan demam.

Demikianlah penyebab kenapa sering sakit perut yang sangat beragam, dari ringan hingga gejala berat. Pada ahirnya akan kembali ke anda, karena jika sakit dirasakan dalam jangka waktu yang cepat atau sering diharapkan untuk segera menganali kebenaran sumber sakit tersebut dan mendapatkan penanganan yang tepat. Baca juga Cara mengurangi mata minus.

Berlangganan untuk email update gratis: