Cara Mengatasi Mimisan dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Mimisan dan Penyebabnya
Cara Mengatasi Mimisan dan Penyebabnya. Mimisan adalah beberapa gejala yang menyebabkan hidung anda mengeluarkan darah. Mungkin sebagian orang telah mengalami gejala mimisan ini. Tapi tahukah anda penyebab yang ditimbulkan dari mimisan. Apakah mimisan merupakan gejala penyakit yang kronis dan serius.

Mimisan menurut istilah kedokteran disebut dengan epistaxis, namun orang biasa mengenalnya dengan nama mimisan. Ada yang menganggap mimisan dengan tindakan yang terkegut, pasalnya mimisan datang secara tiba-tiba alias tidak dapat diduga. Dimana aliran darah segar keluar dari hidung tanpa didasari dengan rasa pusing, demam, atau nyeri pada anggota tubuh. 

Jika ada pertanyaan bahwa bahayakah mimisan, maka jawabannya tidak terlalu berbahaya jika darah tetap dibiarkan keluar. Karena ini adalah proses alami dari tubuh atas suatu faktor penyebabnya. Lalu apa penyebab dari mimisan. Mari kita bahas kali ini beberapa penyebab dari mimisan berikut ini. 


Penyebab Mimisan

Perubahan cuaca ekstrim
Dimana tubuh yang tadinya mengalami atau berada dalam keadaan panas kemudian langsung berubaha ke keadaan kondisi yang udaranya dingin. Atau bahkan sangat dingin. Dengan begitu selaput lendir dari hidung menjadi pecah dan mengeluarkan darah segar.

Kebiasaan buruk anda mengorek hidung terlalu keras dan terlalu dalam menggunakan kuku
Kuku yang panjang dan lancip akan membuat luka selaup lendir dan kuku yang tidak bersih juga membawa bakteri virus yang masuk ke hidung. Jika masalahnya anada mengorek hidung karena gatal cukup usap lembut saja bagian hidung tanpa harus mengoreknya terlalu dalam.

Adanya benda-benda yang masuk ke dalam hidung
Benda tajam maupun tunpul jika masuk kehidur terlalu dalam pun hidup akan luka. Apalagi jika benda yang masuk merupakan benda dari zat kimia seperti menghirup asap kendaraan, rokok, bensin, dan solar juga akan membuat selaput lendir hidung tidak bisa melapisi dan melindungi rongga hidung, hasilnya selaput lendir bisa juga sampai robek. 

Pnyebab lainnya datang dari efek kondisi tubuh yang sedang kronis
Dimana tubuh memiliki riwayat penyakit yang bisa berhubungan dengan darah. Jika pada anak ada kelainan metabolisme tubuh anak, atau bagi berbagai usia adanya penyakit yang berhubungan dengan darah. Seperti darah yang tidak beredar dengan lancar yang menyebabkan hemofilia, demam berdarah, leukimia, hipertensi, influenza, sinusitis dan tumor hidut serta lain sebagainya. Penyakit-penyakit ini yang bisa menimbulkan efek hidung berdarah atau mimisan.


Cara Mengatasi Mimisan

Dari penyebab yang sudah dipaparkan kali ini akan dibahas terkait cara mengatasi mimisan, untuk cara-cara tradisional jugakan ini sebagai pertolongan pertama. Karena biasanya mimisan hanya berangsng per 1 menit, maka anda tudak perlu kahawtir cukup tegakkan badan anda sambil kepala ditundukkan dan pencet cuping hidung perlahan-lahan selama 10 menit sampa mimisan berbenti. Cara mengatasi mimisan selanjutnya bisa dengan bahan obat tradisional yakni dauh sirih. Orang dahulu menganggap daun sirih sangat mampu ampuh menghentikan pendarahan di hidung. Karena benar saja dauh sirih bisa mengecilkan dan menghentikan pendarahan dari pembuluh darah di selaput lendir yang robek.

Sekarang anda sudah mengetahui cara mengatasi mimisan dan penyebabnya. Usahakan jika tiba-tiba hidung anda mengalami pendarahan atau mimisan jangan sampai panik atau menghisap darah yang keluar masuk ke darah lagi. Hal tersebut tidak boleh dilakukan, karena darah yang keluar jika masuk ke dalam organ penting di dalam tubuh akan berakibat fatal bagi organ tubuh itu. Biarkan darah itu mengalir dengan melakukan antisipasi yang seperti cara diatas. Tapi jika tidak berhenti juga pendarahannya anda bisa langsung pergi ke dokter untuk pengobatan selanjutnya. Tapi usahakan tetap posisikan badan anda tegak tidak boleh dibaringkan. Jika dibaringkan akan membuat darah kembali masuk ke dalam tubuh. Baca juga Cara menghilangkan kulit belang.

Berlangganan untuk email update gratis: