Mengatasi Mata Merah dan Gatal Dengan Mudah

Mengatasi Mata Merah dan Gatal Dengan Mudah
Mengatasi Mata Merah dan Gatal Dengan Mudah. Tidak hanya kulit atau bagian tubuh lainnya, ternyata mata juga rawan dari ancaman iritasi. Iritasi mata biasa membuat mata merah dan gatal. Penyebab yang sering diderita oleh sebagian besar orang, karena bagian mata terkena debu atau kotoran dan efek mata yang kelelahan. Penangan yang sering gunakan biasanya menggunakan obat tetes mata yang biasa dijual di pasaran. Penggunaan obat tetes mata tidak selamanya bisa mengatasi penyebab-penyebab iritasi mata.

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi iritasi mata merah dan gatal ada baiknya kita mengetahui penyebab yang sebernarnya dari jenis penyakit mata ini. Seperti kita tahu penyakit mata yang disebabkan debu adalah jenis penyakit alergi pada mata, penyebabnya tidak hanya debu tapi bisa juga jamur, udara yang kotor, dan juga alergi obat tetes. Jadi pengobatan untuk masalah ini tidak bisa dengan obat tetes. Penyebab selanjutnya konjungtivitis, penyakit ini dikarenakan adanya infeksi virus dari selaput luar mata. Gejalanya mata merah, gatal dan berair. Kemudian ada ketegangan otot, ini dikarenakan adanya kelelahan mata, seperti kerja depan laptop, membaca buku, atau bermain handphone terlalu lama. Sehingga menyebabkan mata merah dan gatal. Penyebab mata merah yang parah adalah glaukoma yang mana bisa menyebabkan kebutaan pada mata karena adanya kerusakan pada syaraf optik. Khusus untuk pengobatan glukoma harus ada dari tindakan medis, tapi untuk mengatasi mata merah dan gatal lainnya bisa menggunakan bahan-bahan alami yang efektif dan aman untuk tubuh, khususnya mata. 


Mengatasi Mata Merah dan Gatal

Daun Sirih
Sejak zaman dahulu, daun sirih sudah populer mampu menyembuhkan mata yang iritasi, atau jenis penyakit mata yang lainnya. Caranya ambil 2-3 lembar daun sirih kemudian taruh di piring dan rendam sebentar. Kemudian mata yang iritasi dicelupkan perlahan-lahan ke redaman daun sirih yang ada di piring. Khasiat pengobatan tradisional ini mampu mengobati mata merah dan gatal karena kemasukan debu dan kotoran. Biasanya setelah mata dicelupkan ke rendaman air tersebut kotoran yang ada di mata bisa keluar, kemudian iritasi bisa mereda beberapa saat kemudian. 

Timun
Bahan yang memberikan efek segar ini juga mampu membuat rasa gatal di mata menghilang. Caranya sederhana iris tipis timun dan tempelkan pada mata. Selain meredakan iritasi mata, timun juga mampu menghilangkan kantung mata yang menghitam. 

Kentang
Salah satu jenis umbi-umbian ini mampu membantu iritasi mata. Dengan irisan kentang yang ditempelkan ke mata bisa memberikan rasa kesegaran untuk mata yang mengalami kelelahan yang membuat mata merah dan gatal.

Air Mawar
Cuci mata dengan air mawar, manfaatnya sama dengan bahan timun dan kentang yang bisa memberi kesegaran pada mata. Ini cocok untuk penyebab mata yang mengalami ketegangan otot. Jadi jika mata mengalami kelelahan maka air mawar bisa menjadi solusi terbaik yang dapat menyegarkan dan menenangkan. Untuk hasil yang memuaskan bisa gunakan air mawar sebagai pencuci muka dan mata selama 2 sampai 3 kali dalam 1 minggu.  

Jadi sekarang anda tahu bagaimana mengatasi mata merah dan gatal yang mudah. Penggunaan obat tetes mata sifatnya hanya untuk meringankan bukan mengobati dari pangkal permasalahan. Sehingga sebaiknya anda perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, yang mampu memperbaiki masalah penyakit mata. Kemudian juga dianjurkan selalu lindungi mata anda saat beraktifitas di luar ruangan, seperti saat berkendara motor, agar debu dan kotoran tidak mudah masuk ke mata. Serta jangan menggosok mata kala mata anda gatal, ini akan membuat mata anda semakin merah. Baca juga Tips langsing dengan jeruk nipis.

Berlangganan untuk email update gratis: