Tips Mengatasi Penyakit Gatal-Gatal

Tips Mengatasi Penyakit Gatal-Gatal
Tips Mengatasi Penyakit Gatal-Gatal. Gatal adalah akibat dari salah satu penyakit kulit. Penampakannya kulit menonjol dan ada bercak merak di area yang gatal. Penyebab gatal pada kulit memang beragam jenisnya, ada yang karena alergi makanan, atau alergi debu, bisa juga gatal karena digigit serangga, perubahan cuaca dan lain ini.  Oleh karena itu, penyakit ini disebabkan karena beberapa faktor yang mana adanya penumpukkan bakteri pada permukaan kulit. 

Kebanyakan seseorang penderita mengalami kulit gatal akan langsung ke dokter sebagai penanganannya. Memang tidak diragukan pergi ke dokter adalah solusi terbaik mengatasi segala penyakit. Namun sebagai pencegahan dan penanganan pertolongan pertama tidak ada salahnya penggunakan obat tradisonal yang berasal dari alam. Apa saja bahan alami tersebut, mari simak penjabarannya.

Lemon dan Minyak Kelapa. Kombinasi lemon dan minyak kepala khasiatnya sama dengan minyak kayu putih yang dapat meredakan rasa gatal di kulit. Penggunaanya sederhana, air perasan lemon dicampurkan dengan minyak kelapa sehingga merata, lalu oles di area permukaan kulit yang gatal. Sebaiknya digunakan pada malam hari dan biarkan hingga semalaman, lakukan rutin sampai rasa gatalnya menghilang.


Mengatasi Penyakit Gatal

Lidah Buaya
Gel lidah buaya dikenal sebagai tanaman obat yang membantu permasalah kulit. Gunakan gel lidah buaya pada kulit yang bermasalah, lalu diamkan dan bilas sampai bersih. Lakukan setiap hari jika gatal di kulit belum juga reda. Tapi biasanya setelah menggunakan gel bahan ini, benjolan atau bengkak karena gatal akan cepat kempes dan kembali pada permukaan kulit normal, dan juga menghilangkan kemerahan yang ditimbulkan bakeri dari penyakit ini.

Kunyit
Bumbu dapur yang satu ini, selain mampu memutihkan dan menghaluskan kulit, juga mampu menjadi obat untuk segala macam penyakit kulit. Haluskan kunyit dengan cara ditumbuk, namun sebelumnya cuci dan kupas kulit ari pada kunyit. Setelah halus oleskan pada bagian gatal yang ada di kulit.

Mahkota Dewa
Tumbuhan ini mengandung bebarapa bahan yang bermanfaat bagi kulit. Pertama bahan alkoloid yang dapat menjadi menetralisir racun dalam tubuh. Selanjutnya kandungan saponin mampu menjadi anti virus dan meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Kandungan yang paling penting adalah polyphenol yang berfungsi sebagai antihistamin yang dapat mencegah alergi. Bagian yang bermanfaat sebagai obat adalah bagian daun dan buahnya. Cara mengobatinya dengan ambil beberapa helai daun lalu tumbuk sampai halus dan oleskan ke bagian kulit. Untuk penggunaan buahnya pun sama tinggal dilumatkan saja lalu dioles ke kulit. 

Minyak Goreng dan Garam
Kedua bahan ini juga bisa mejadi alternatif dalam penyembuhan penyakit gatal. Caranya campurkan kedua bahan tersebut, lalu oles ke kulit yang gatal. Dari pada menggarukkan dengan tangan akan mengakibatkan iritasi kulit lebih baik gunakan garam, karena permukaan garam yang kasar bisa dijadikan sebagai scrub yang membantu meringankan rasa gatal. 

Minyak Oli Bekas Kendaraan
Memang aneh rasanya penggunakan minyak bekas kendaran untuk perawatan kulit, tapi ini bisa ampuh mengobati penyakit gatal yang susah hilang. Cara pakainy sama saja tinggal oleskan pada kulit yang gatal sampai rasa gatalnya mereda. 

Cara terbaik mengatasi alergi adalah kenali penyebabnya, jika sudah mengetahui penyebabnya bisa dilakukan cara antisipasi agar terhindar dari penyakit gatal pada kulit. Misalnya saja, gatal yang disebabkan oleh alergi makanan seafood, selain meminum dan melakukan pengobatan yang terbaik untuk mengobati gatal alergi ini, maka hindari juga memakan seafood. Seperti pepatah mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Demikian tips mengatasi penyakit gatal-gatal. Semoga bermanfaat. Baca juga Trend model rambut sekarang.

Berlangganan untuk email update gratis: